Apakah TOKOPEDIA aman ? Ini pengalamanku belanja ditokopedia

Kali ini aku akan ngomongin Mall online terbesar di indonesia, Tokopedia, yang didalamnya terdapat ribuan penjual. Ketika ada yang tanya apakah tokopedia penipu ? atau kasus penipuan apa aja yang pernah terjadi di tokopedia. Ini jawabnya rada-rada susah sih menurutku.

Aku akan jawab berdasarkan pengalamanku belanja ditokopedia, dan berdasarkan baca-baca di internet.

Pertama, Aku akan bahas apa itu tokopedia untuk yang belum tau. Aku ga bakal bahas panjang2. Tokopedia adalah situs yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di internet, yang jualan bukan pihak tokopedia, yang jualan adalah orang/pihak lain selain tokopedia.Fungsi tokopedia disini adalah menyediakan tempat jualan untuk penjual, dan tempat belanja yang aman untuk pembeli.

Kenapa aman? Karena uang akan ditahan di rekening tokopedia, dan akan ditransfer ke penjual, jika barang sudah sampai di tangan pembeli. Dari konteks ini tokopedia akan terlihat sangat aman.

Diatas adalah fitur tokopedia yang seharusnya membuat tokopedia sangat aman. Tapi apakah bener2 aman ? Apa ga ada penipuan ditokopedia ? Baca aja terus dibawah ini.

Apakah tokopedia penipu ? Atau adakah kasus dugaan penipuan yang terkait tokopedia ?

Aku akan bicara dari pengalamanku dulu, Aku udah coba belanja di tokopedia.com, dan alhamdulillah barangnya sampai 😀

Dalam hal ini aku bisa bilang tokopedia bukan penipu, karena barang sampai. Dan logikanya memang tokopedia bukan penipu, karena yang jual pun bukan tokopedia, tokopedia hanya perantara disini. Entah barang yang sampe cacat dan sebagainya, tetap tokopedia bukan penipu.

Aku suka banget meng-analisa web jualan online itu dari segi tampilan web dan fitur web mereka, dan tokopedia adalah salah satu yang terbaik menurutku dari segi desain tampilan web.

Sama seperti saat aku review lazada dan traveloka, aku akan katakan sekali lagi, tampilan website yang profesional itu memperlihatkan bahwa bisnis tersebut serius.

Dan dana yang dikeluarkan untuk menghasilkan tampilan web profesional biasanya tidak sedikit. Bagi kamu yang pernah blogging, kamu akan tau, kalau beli tema premium di internet itu biasanya mahal banget, satu tema premium itu harganya bisa 570usd atau ada yang bundle 999 usd untuk beberapa tema, ini kalau dirupiahin sekitar 7 juta sampe 13 juta, dan tema ini masih default, artinya masih tampilan standar tema tsbt.

Untuk dapetin tampilan sesuai kemauan, itu biasanya butuh kemampuan koding, dan web seperti tokopedia ini bakal punya staff khusus ataupun bayar freelance untuk ini. Ini udah masuk kedalam dana modal/perawatan, aku bisa bicara sampe berbusa mengenai hal ini, tapi intinya disini, yang ingin aku sampaikan adalah, semakin bagus dan profesional tampilan sebuah website, itu menunjukkan semakin serius dan peduli mereka dengan”brand” dan reputasinya, dan semakin kecil kemungkinan bahwa web tersebut berniat menipu.

Selanjutnya iklan, iklan di tv dan di web, dimana2 kamu bisa liat iklannya, ini ngeluarin budget yang ga sedikit. Dan ya, mereka ga bakal mau nipu dan hancurin reputasi yang udah dibangun dengan iklan bernilai puluhan bahkan ratusan juta.

Apakah ada yang tertipu belanja ditokopedia ? Wajib baca

Aku liat di internet, ada kasus yang tertipu, tapi ini kasus pishing, dan ini ga bisa dibilang kasus penipuan tokopedia menurutku, karena pishing ga terjadi di tokopedia aja, udah ada sejak jaman dahulu kala, kamu bisa search di internet, apa itu pishing.

Aku juga perlu ingatkan teman-teman disini. Tokopedia adalah situs marketplace, artinya banyak banget penjual disana. Hal ini menyebabkan harga di tokopedia menjadi lebih murah, karna banyak penjual yang bersaing menjual barang yang sama disana.

Disinilah kamu harus hati-hati.

Tidak semua penjual itu jujur dan baik. Sejauh ini aku sendiri belum pernah sampai tertipu. Tapi bukan tidak mungkin kamu bisa tertipu. Kenapa ?

Aku selalu pilih-pilih siapa penjualnya. Walaupun ada penjual yang lebih murah, aku belum tentu ambil.Kriteria penjual yang aku ambil biasanya adalah penjual yang seperti dibawah ini.

Kamu bisa lihat statistik tersebut dengan mengklik tombol merah “Lihat detail statistik” dilaman beranda penjual.

Yang harus kamu perhatikan adalah Seberapa bagus rating penjual tersebut. Mulai dari berapa rating produknya, berapa banyak transaksi sukses dan berapa kecepatan prosesnya.

Kalau toko tersebut punya transaksi sukses 50% misalnya, itu artinya dari 100 kali penjualan, 50 gagal dan uang dikembalikan ke saldo pembeli, bisa jadi karna stock barang habis, atau penjual tersebut lambat konfirmasinya.

Hal ini penting banget diperhatikan, agar kamu ga gagal saat transaksi belanja di tokopedia.

Aku akan update lebih lanjut tulisan ini, tinggalin komentar kamu dibawah ini, biar aku bisa bahas tokopedia dari berbagai sudut pandang. Jangan malu-maluin dan tinggalin suara kamu dikolom komentar.

157 pemikiran pada “Apakah TOKOPEDIA aman ? Ini pengalamanku belanja ditokopedia”

  1. Ikutan nimbrung. Saya bukan mau jelek2in tokopedia tp ini murni penipuan dan tokopedia melindungi penjual2 yg menipu. Saya beli kosmetik 400 ribu. Waktu terima semua ok.. kotaknya ok shga saya konfirmasi terima. Eeh.. malamya saya mau pakai ternyata itu barang sudah kadaluwarsa. Saya langsung kirim pesan ke penjual tp sampai skrg berkali2 kirim pesan tak direspon. Saya sudah hub layanan pengaduan tokopedia malah kayak robot yg balas pesan sabar sedang di follow up belum ada jawaban dr penjual. Itu penjual khan ada no hp dan alamatnya tp g dicantumkan di tokonya. Namun kita khan tau bhw member apalagi gold harus verifikasi no hp dan alamat. No telp yg 0855 juga skrg cuma menjawab silahkan hub alamat web kami. . Sekali lagi saya jelas katanya tokopedia berkomplot menipu krn melindungi penipu yg berdagang di websitenya. Saya pikir harus ada pembelajaran. Harus dilaporkan ramai2 kalau begini spy tidak terlalu banyak korban. Kasihan teman2 kita yg berharap belanja hemat malah rugi tertipu

    Balas
    • Maaf mbak maria, sekedar berbagi..

      Toped marketplace(banyak pedagang,ada pedagang yg jujur dan ada yg penipu)
      Klo menurut saya itu bukan kesalahan dri toped. Karena mbak maria sudah mengklik barang sudah terima.,toped menggap transaksi sudah slesai ,barang yg diterima pembeli sudah sesuai dgn barang yg dikirim seller dan otomatis dana akan diteruskan ke penjual.
      klo dana sudah di penjual ya toped mau gmn lgi. Maaf mbak klo salah itu sekedar pendapat saya.☺

  2. kalo aku jadi penjual ketipu barang bagus jadi rusak gara2 komplen entah pembeli yg nakal tukar komponen entah pengiriman jasa nya yg ngerusak.yg jelas barang saya rusak duit hangus.tokopedia ga aman

    Balas
  3. Gan ane mau tanya..ane kan baru prtma nyoba tokopedia trus kemaren ane beli headlamp nva di seler hid projector.. Pmbyaran udh smua .dan dr tokopedia udah di terusin ke pnjual . tapi ko smpe skrng blm ada notif pemesanan sedang di proses trs ane tnya pnjual jg ga di respon… Trs td sya ajukan prmbatalan karna ane kcwa bgt masa pembeli ga di hrgai.. Tapi ko stlah ane batalin ga ada notif ap2..kira2 apakah uang yg sdah sya transfer bisa balik lagi ke saya… Tolong ya gan di jawab

    Balas
  4. Barusan ditipu toped busuk nih gan udh transfer tp dpt notif pesanan dibatalkan,enaknya digebukin rame2 aja kali ya..

    Balas
  5. Tadinya setia bgt sama tokopedia, br kali ini ketipu jadi kapokk…kronologisnya saya order barang tp ga diproses..krn di toko seller ada no wa saya tanya via wa…seller bilang udah dikirim, cm blm input resi setelah input resi saya cek ternyata bodong…lalu saya komplain lewat email dengan bukti terlampir dan dibalas robot. si seller pinter dia perbaiki lg no resi biar dana ga bisa ditarik dan setelah dicek resi ttp bodong…jawaban emailnya pun bertele2 dan kesannya hanya mengundur waktu. Sepertinya tokopedia lebih memihak seller… kapok, ngga lagi2 belanja di tokopedia

    Balas
  6. paling aman BUKALAPAK, sering seller gak bisa kirim barang dll alasan, tapi duit gw balik ke Bukadompet, . CSnya juga fast respon. CS-nya baik2, lagi. I LOVE U, BL..!!

    Balas
  7. Gue sering belanja di tokopedia dan ada aja barang yang sampai tetapi tidak sesuai dengan yang gue beli dan saat gue mengajukan komplain, seller tidak respon. Saat gue tekan tombol bantuan, tokopedia hanya bisa mengetik mohon seller turut aktif dalam diskusi ini, bla bla bla…… Tetapi seller sampai akhir tidak merespon dan tokopedia hanya mengulang-ngulang aja tuh ngetik permohonan agar seller membalas diskusi ini tanpa mampu menekan seller tersebut. Pokoknya ribet banget deh kalau misalnya ngurusin barang yang salah kirim karena tokopedia tidak bisa bertindak tegas agar seller responsif pada komplain kita. So, gue sekarang mah kecewa berat banget ama tokopedia dan beralih ke tempat lain yang lebih oke. Dan gue rasa gak hanya gue yang merasakan pengalaman seperti ini. Saran gue cuman : masih banyak aplikasi yang lebih oke dari tokopedia, jangan cuman ngejar murahnya aja… Tapi dilihat kembali apakah ada garansi after salesnya dari aplikasi tersebut, misalnya free ongkos retur jika barang salah kirim, atau aplikasi tersebut mampu memaksa seller untuk cepat responsif pada komplain.

    Balas
  8. Ternyata bukan cuma saya yang hilang duit di tokopedia. Kebayang berapa untung tokopedia dari saldo2 yang hilang. Saya sudah sangat lama jadi langganan tokopedia tapi sekarang takut transaksi disana. pembelian saya dibatalkan oleh tokopedia. tidak sampai satu jam setelah saya checkout, transaksi dibatalkan oleh tokopedia, jadi saat saya bayar, transaksi tersebut sudah dibatalkan, saya yakin itu kesalahan sistem. pas saya minta pengembalian dana, tentu saja melampirkan bukti2, sampai sebulan tidak selesai juga, sampai 2 bulan, eh komplen saya dihapus oleh tokopedia, malah saldo saya yang tersisa disana, ditarik oleh tokopedia dengan alasan tidak dapat memverifikasi transaksi yang bermasalah tersebut. Jadi, saya rasa ini murni kesalahan tokopedia, karena tidak ada hubungan dengan penjual sama sekali. Bisa kah dikategorikan sebagai penipuan? Menurut saya bisa, karena mereka menghilangkan jejak rekam pembicaraan saya dengan mereka. Untunglah saya masih menyimpan screen capture pembicaraan dengan tokopedia, jadi saya masih punya bukti2 kuat kalo tokopedia sengaja tidak mengembalikan saldo saya.

    Balas
  9. saya barusan ketipu mungkin ini modus baru karena barang yg saya beli setelah pemakaian 2 hari layar ada garis2nya tapi itu kuanggap gak masalah, setelah 1 minggu ternyata sinyal hilang kemudian ku inbox ditokonya “xiaomiphonestore” dia bilang masih garansi bisa dikirim balik.
    kemudian saya kirim balik mengunakan JNE paket “YES” , harusnya pakai paket YES sehari sampai tapi pihak toko bilang belum menerima, saya inbox berkali2 tanpa ada yang dibalas padahal toko tsb posisinya online dan saya nyerah ternyata tertipu…

    Balas
  10. Gimana Kalo Kita Tertipu Oleh Penjual Tapi Uang Sudah Kita Kirim Nah Itu Cara Kita Mengambil Uang Kita Kembali Bagaimana?

    Balas
  11. Traveloka penipu ditrasfer kerekeningnya IBNU. HUSEN bsnk BRI masuk oke saya menghubungi tiket melalui nomor resmi 0823 1757 5873 dan kontak dg 0852 1980 666! Ternyata uang saya tersrdot hingga 3juta herannya trrjadi penipuam koh perusaan tdk perna kontrol apalagi pemeri tah biarkan saja indonesia akan jadi pencuri onlain terbabyak di dunia bisa terjadi kasihan prrusshan yang mulai top dikotori org tertentu harus dibasmi !?!?!?!?!

    Balas
  12. hati hati dengan tokopedia,.,., pembeli sudah melakukan pembayaran, tapi dana tidak masuk ke saldo saya (penjual), di tahan oleh tokopedia, tidak ada no telp yg bisa di hubungi, mesin penjawab yang seperti robot, dana saya 5,8 jt, kemana saya harus mengadu ?
    kemana saya harus melapor,.,.

    Balas
  13. saya baru beli squishy ditokopedia buat anak saya tapi sih disitu “pesanan sudah diteruskan ke punjual”tapi kok kaya tingggal 1 hari berapa jam pesanan saya bakal di batalkan gimana tuh???

    Balas
  14. Ya saya jg kena tipu gara2 saya percaya yg jualan d toped it orang jujur apa lg banyak point nya.. Eh ternyata saya order langsung udah 7 hari saya d cuekin… D tlp ga nganggep wa ga bls… Jadi jgn percaya rating.. Yg sebenarnya nyari celah untuk nipu…

    Balas
  15. tokpedia tidak punya profesionalisme untuk mengelola bisnis mereka. mereka tidak SOP untuk mengatasi kehilangan barang yang entag siapa yang salah antara penjual dan go-jek (go-send). barang saya sudah lebih dari 1 minggu tidak ada perkembangan sedangkan uang saya sudah di tokopedia. jawaban tokopedia hanya menunggu begitupun sama dengan pihak go-jek. barang saya kecil harganya tidak mahal, tapi gara gara kasus ini saya sudah membeli barang yang sama ke toko lain karena kebutuhan saya akan barang itu. saya benar benar dirugikan….

    dan parahnya lagi TOKOPEDIA tidak punya call center, untuk pengaduan ini.

    Balas
  16. saya juga mau beli elektronik di tokopedia, barang tidak dikirim terus uang dak kembali. tokopedia boodoongg

    Balas
  17. Ya allah, tolongin ane dong, pake rekber di tokopedia tapi barang ga sampaai, lalu uang saya gimana? Masih bisa balik ga nih??? Sayaa butuh sekali uangnyaaa. Help
    Penjualnya ga bisa di Hubungin. Aaaaaaaa

    Balas
  18. Ane blum pernah belanja di Tokopedia dan mau belanja untuk pertama kalinya tapi ane jadi ragu setelah baca koment” di atas…
    Ane lebih sering belanja di Bukalapak dan Lazada. Ane juga jualan di Bukalapak.

    Balas
  19. saya buyer dan juga sekarang mulai jadi seller di tokopedia, selama jadi buyer aman2 aja sih ….justru setelah mulai buka toko di tokopedia saya baru merasakan sebenarnya pembelilah yang dimanjakan tokopedia…. kadang saya jual barang kepada pelanggan dan barang sudah diterima oleh pembeli dan saya dapat konfirmasi dari agen kurir pemgiriman bahwa barang sudah diterima atas nama pembeli itu sendiri dan terkadang ada pembeli yang cuek dan membiarkan saja , tidak mengkonfirmasi / click di konfirmasi barang telah diterima ahirnya penjual lah yang kasihan …dana nya tdk kunjung dibayar oleh pihak tokopedia sebagai pihak ke 3 ….. sekarang saya sdh mengerti bagaimana rasanya kalau konfirmasi penerimaan tdk dibantu kerjasamanya oleh pembeli ..makanya sekarang saya tiap belanja apapun di toko online apa pun termasuk tokopedia bila sdh terima barang pembelian / pesanan dari seller dan setelah di cek sdh sesuai pesanan dan tdk ada komplain segera saya klick konfirmasi penerimaan.,mudah2an para pembaca yg juga para pelanggan toko online shop bisa memahami kebutuhan / keadilan bagi pihak seller yang sudah berupaya melayani dengan cepat dan akurat ..maka mohon hargailah pelayanan kami cukup dengan klick konfirmasi penerimaan barang bila memang barang yg datang sdh sesuai…. sukur2 diberi review positif nya supaya lebih bersemangat lagi untuk meningkatkan pelayanan dan mutunya

    Balas
  20. Sy juga tertipu belanja di tokopedia,jd nyesel dan jera deh blnja di Tokopedia.sy beli hp di slh satu seller,lht komen dan statistik nya bagus.sy blm konfirmasi brg diterima Tp di akun sy sdh diterima,jd uang sdh masuk ke seller tsb.dr history pengiriman dia masukin bbrp kali no resi,awalnya mgkin slh ketik no resi.ternyata ini cara mereka utk mengelabui,,dan sy ditawarkan voucher cashback 10% krn promo kemerdekaan,sy kira ini benar sy mau,dikasih lah sebuah alamat web yg terhubung ke Tokopedia,sy masukkan kode voucher itu.dan ternyata akun sy di hack.akhirnya saldo yg ada dikuras oleh seller itu (BMulai).

    Balas
    • kalau kasus seperti ini sudah bisa dipastikan tindakan cyber crime, laporkan saja ke polisi..
      Saya kira sistem tokped sdh diupayakan mampu menjembatani antara seller dan buyer dengan baik..tapi namanya penjahat, selalu mencari celah kelemahan…atau mgkn anda kurang sedekah, jadi kena sial, hehe..maaf cuman becanda..

  21. sy mau beli hp d tokped jd agak ragu stelah baca komen dr mba Lina. ada yg bisa rekomendasikan toko hp yg aman d tokped kira2 apa? khususnya utk iphone?

    Balas
  22. ane alhamdulillah jualan di Tokopedia lancar walau ada pembeli yg bawel n nyebelinnn dikit2 tanya ato komplain, tapi 99,9% baik2.
    beli sesuatu online pun lancar kok .. sampai beli hp juga lancar …

    pintar2nya kita aja .. ane malah ga demen sama Bukalapak lebih parah dari Tokopedia, ane coba jualan di BL ane tutup! Dah bayar iklan, ga laku .. beli di Bl juga penjualnya ga ramah … malah ane ada saldo BL ane diam in ampe lupa haha

    Balas
  23. ati2 kayanya di sini bnyk org2 kejam dari Toko sebelah cuma mau jelek2 in Tokopedia!
    Ga ferrr … berbisbislah yg sehat Agan2 … btw ane penjual dan pembeli di Tokopedia. Dan ane sebisa mungkin servis cust dg baik. Justru yg dilindungi Tokopedia adalah pembeli

    Balas
    • ga lu doang brow, ane juga dah lama jadi seller n buyer,,
      ane ada bukti2 yang dukung tulisan ane ini,, betapa ngeselinnya “CS ROBOT TOKOPEDIA”
      mudah2an ane ga pernah ngalamin,

  24. Penjual terima order dan ternyata dia tidak punya barangnya. Saya tanya kapan barang dikirim, dia bilang barang dikirim kalau barang sudah ada. Seriously?? Terus dia sudah memasukan resi kurir, ditanya itu, dia jawab, itu angka random untuk nahan order saya saja. Nanti dia akan masukan no.resi baru saat barang dikirim, dan dia tidak punya barangnya… Pas tanya CS dan terangkan jika seller terima order padahal tidak ada stok, dan seller masukan nomor resi palsu, CS bilang order saya masih menunggu update dari kurir. CS tidak baca pesan atau gimana? Pengalaman belanja online sangat buruk pertama. Sering belanja online di tempat lain selalu puas. No more tokopedia.

    Balas
  25. saya membeli pulsa setelah saya bayar dari kartu kredit namun pulsanya tidak kunjung masuk (sudah 2x ini terjadi seperti ini), saya cari cari no call centernya namun tidak ada.

    Balas
  26. SAYA LIHAT DI TOKOPEDIA HARGANYA LEBIH Murah di banding toko laen,,,tapi saya ragu mau beli takut barangnya gak jelas,,kan yang dagang pihak ketiga bukan Tokopedia sendiri,,,dan baca komentar isinya begitu semua,,,BATALIN BELI LAPTOP YANG KELIATANNYA LEBIH MURAH,,,BELI DI TOKO LANGSUNG SAJA

    Balas
  27. Bagi yang belom tau, pasti ga nyangka kalo di Tokopedia itu pake customer service ROBOT,
    Jadi kalo yang belom ketemu masalah pasti ok2 aj,,skeptis, ane juga dulu gitu
    tapi kalo udah ketemu masalah, nah,, baru dech tau, ngeselinnya kalo ngobrol ama robot,,
    moga2 aja hoki terus, emang sih kegagalan paling 10%, tapi ngeselin nya itu,,

    Balas
    • Bener nih, waktu ga ada masalah belanja di Tokopedia lancar dan ok2 saja. Saat ada masalah, dan tanggung jawab penyelesaian di Tokopedia, jawabannya copy paste, copy paste berulang-ulang jawaban yang sama. Padahal bukti-bukti lain sudah diberikan, jawaban masih muter-muter di itu itu saja…

  28. TOKOPEDIA TIDAK MELINDUNGI PEMBELI & TIDAK KONSISTEN DENGAN SISTIMNYA SENDIRI.

    Pada tgl 11 Nofember 2017 saya beli Wireless Mouse Lenovo N70 via Tokopedia dengan Agen/Penjual JClicks. Pembayaran + Ongkir+Jasa dibayar LUNAS via Indomaret pada hari yang sama. Reff PYM/20171111/XVII/XI/120856913. No. Faktur INV/20171111/XVII/XI/115148706. Resi Pengiriman 01108717044949792.

    Pada 16 Nofember 2017 sore barang saya terima, ternyata oleh Agen/Penjual dikirm hanya dengan Box (coklat) bekas, dibungkis dengan plastick wrap.
    Setelah semua dibuka, barang tidak dilengkapi dengan 2bh Batteray AAA.
    Saat saya gunakan pakai Batt sendiri, termnyata Kondisi Barang dalam keadaan RUSAK, Infra Red tidak hidup, Mouse Tidak Berfungsi.

    Komplain malam itu langsung saya sampaikan kepada Tokopedia dengan melampirkan foto2 kondisi Box, Bungkus, dan Barang itu sendiri.

    Agen/Penjual, baru merespon 1 hari menjelang masa Solusi, dengan meminta Foto2 dan Video. Dengan berbagai cara saya upayakan mememnuhi permintaan Agen/Penjual. Namun akhirnya saya DIBEBANKAN HARUS MENGISI MACAM2 FORM MERTEOUR DENGAN BIAYA SENDIRI (WALAUPUN AKHIRNYA MENYETUJUI MEMBAYAR BIAYA RETOUR 100%, NAMUN SAYA SUDAH KECEWA DAHULU).

    Akhirnya melalui Tokopedia saya MEMBATALKAN PEMBELIAN DENGAN OPSI (ADA 3 OPSI PILIHAN), PEMBATALAN DENGAN DAN KEMBALI PENUH – BARANG TIDAKA KEMBALI.

    BER KALI2 SAYA KOMPLAIN PEMBATALAN INI, ADMIN TOKOPEDIA MEMPERPANJANG SOLUSI DAN TIDAKA MENGAKUI PEMBATALAN PEMBELIAN DENGAN OPSI PADA SISTIMNYA SENDIRI. WAKTU SOLUSI DIPERPANJANG SAMPAI 4 KALI….SEHINGGA DIBUAT KESAN SAYA YANG LALAI TIDAK MENGEMBALIKAN BARANG….

    AKHIRNYA TOKOPEDAI MEMBAYARKAN DANA KE AGEN/PENJUAL, MEMNUTUP SEMUA AKSES KOMPLAIN SAYA.

    SANGAT TERKESAN ADMIN TOKOPEDIA BEKERJA SAMA DENGAN AGEN YANG MENJUAL BARANG BEKAS/RUSAK…..

    HAL INI AKHIRNYA SAYA BUAT LAPORAN RESMI KE RESKRIMSUS POLDA METRO JAYA, YANG KEMUDIAN DISARANKAN JUGA MELAPORKAN KE;
    – DEPARTEMEN PERDAGANGAN PERIHAL PERLINDUNGAN KONSUMEN
    – MENKOINFO PERIHAL PERDAGANGAN ELEKTRONIK, TIDAK MEMENUHI PP PEMERINTAH BAIK OLEH TOKOPEDIA DAN AGEN PENJUAL

    SAYA BERPENDAPAT BAHWA TOKOPEDIA MENGAKOMODIR AGEN PENJUAL YANG MENJUAL BARANG2 RUSAK, TIDAK MELINDUNGI KONSUMEN.

    SEHINGGA SAYA ANGGAP TOKOPEDIA SECARA SENDIR DAN BERSAMA DENGAN AGEN PENJUAL MELAKUKAN PENIPUAN….HATI2.

    Saya masih menyimpan foto2 video barang & box, serta foto screenshoot 3 OPSI PEMBATALAN PADA SISTIM TOKOPEDIA. Sayang dilaman ini, saya tidak bisa akses upload semua sebagai barang bukti tsb, supaya saya tidak dianggap FITNAH….

    Balas
    • Montery Darwin, pengalaman yg sama saya alami, hanya di puter2 di penyelesaian resolusi. Penjual menyetujui pengembalian dana 100% dan toko memberikan alamat, tetapi nama toko dan kepemilikan yg berbeda. Saya hanya bisa terdiam karena system yg mengharuskan saya memasukan no seri. jika tidak dana di teruskan ke penjual.

  29. gan , ane mesen barang nih di tokopedia , terus paketnya udah kebuka pada saat belum nyampe . diliat-liat gak ada isinya , terus saya tanya sellernya , hanya diam saja . cara tindak lanjutinya itu gimana gan ??

    Balas
  30. Saya buyer/pembeli di toped alhamdulillah sampai saat ini masih aman2 saja. Transaksi sdh hampir 20an x. Mulai dari beli hp,laptop, ps4.dll.

    Saling berbagi
    Saran saya,diwaktu anda menerima paket dari kurir/jasa pengiriman coba anda periksa apakah brg yg anda terima sesuai dgn yg anda pesan. Apabila tdk sesuai segera anda poto/vido brg tsb nersama si kurir Sbg bukti yg akurat bahwa nda tidak mengada2 karana sdh ada saksi.Segera klik tombol refaund. Jangan sampai anda mengklik tombol barang sampai/atau diterima. Itu artinya trnsaksi dianggap berhasil dan slesai maka uang anda anda akan diteruskan ke pembeli. Semoga bermanfaat

    Balas
    • Setau saya terima barang dulu baru deh ada komplain, apakah mau di ganti produk baru atau pengembalian dana. Setelah itu masuk ke penyelesaian resolusi. Di situlah pembeli akan di bodohi oleh system dan penjual. Dimana penyelesaian resolusi ini hanya berpihak pada penjual.

  31. Makanya beli
    Toko di ebay indo
    Cek deh toko nya
    Barang nya keren topi original oakley dr ebay cuma 100rban.
    Ready stock dan ori
    Gw aja langganan disitu buat di jual lagi.
    Nama tokonya ebay indo.
    Good seller
    Langsung dikirim karena ready stock
    Bisa Gosend lagj…

    Balas
  32. Apakah Tokopedia menjamin kalau barang yang dijual oleh seller barang Asli/original.? Kalau tidak ada jaminan dari Tokopedia berarti Tokopedia gagal melindungi konsumen.!!

    Balas
    • ga ada jaminan setauku mas..

      klo ada pembeli yang bilang barangnya palsu dan rating toko nya jelek. ini bisa dijadikan acuan…

    • Reting tidak menjamin, jika pihak Tokopedia tidak bertanggung jawab atas produk/barang yg di jual oleh seller. Berarti akan banyak produk/barang yg melanggar hukum yg di jual bebas di Tokopedia. Coba tolong Bpk/Ibu di beri usulan. Bagaima jika seller memperjual-belikan produk/barang yg melanggar hukum apakah tokopedia harus di pertahankan?

    • Soal ori atau KW, Ataupun menjual barang yg melanggar hukum sptnya bukan tanggung tokped ataupun marketplace lainnnya. Contoh nya saja kalau ada jual hal yg melanggar hukum di Instagram, twitter atau facebook , apakah ketiga medsos itu yg harus bertanggungjawab? Yang kita bisa lakukan adalah melaporkan akun tersebut, apabila memang akun tersebut menjual barang yg melanggar hukum, tp bukan menghapus platform medsos nya..
      Dan Kalau emang mau beli barang ORI janganlah sekali2 beli dari online shop..
      Sy bukan pegawai market place manapun. Hanya pecinta belanja online.
      Tolong koreksi saya kalau saya salah. Trm ksh

    • semua juga tau sok pinter sendiri lu
      yang salah kan motonya bebas penipuan, tolol banget nih orang
      itu sama juga penipu

  33. Gue korban tokopedia. Belanja disana 4 jenis barang yang dikirim cuma 2 jenis dan komplain pun tidak mendapat tanggapan dari penjual. Sialankan… Tokopedia juga tidak bantu apa-apa alhasil uang yang dikirim hilang percuma. Terimakasih tokopedia telah menipu saya semoga ada korban-korban berikutnya sukses ya…

    Balas
  34. intinya kalau harus melihat reputasi dahulu, bearti di dalamnya ada penipu
    jadi ada baiknya membeli ke toko saja offline lebih terjamin

    Balas
  35. intinya kalau harus melihat reputasi dahulu, bearti di dalamnya ada penipu
    jadi ada baiknya membeli ke toko saja offline lebih terjamin
    toko penipu
    anugrah led light
    Bandung
    MD PLAZA lantai 1 Blok A-126 Jalan Dalem Kaum Bandung
    Kota Bandung, Jawa Barat, 40251, Indonesia
    hp penipu 081221579899

    Balas
  36. Aku baru belanja ini soalnya belum tau bangt dan belum ada pengalaman . Emg jujur intinya ak percaya kalo apa yang di promosiin di tv gk mungkin menipu apalagi yang lebih daru berkali kalii.. yaa emg ada sih yang niat gtu, tp lebih baik lg kalo di pertimbangkan yang kayak masnya td…
    Bermanfaat infonya, thx☺🙋

    Balas
  37. Klo pengalaman dr kesekian transaksi ini sy sungguh mengecewakan, sy membeli HP xiaomi 3 Pro seharga 1,3jt di amwaystore12 lima hari setelah transfer brg datang setelah sya cek normal semua akhir sy konfimasi penerimaan begitu 3 hari pake HP rusak sy chat penjualnya bs diretur, setelah sy retur dan bukti pengiriman sy tunjukkan tp slow respon sy lapor ke admin toped sampai komen ini saya tulis blom ada niat baik dr penjual untuk mengirim sdh jln 3 mingguan jg dr toped blom ada solusi.

    Balas
  38. Saya pembeli yang kecewa dengan admin Tokopedia. Saya beli tas yang diasuransikan oleh pihak Tokopedia, tetapi saat saya terima barang rusak diduga masalah saat pengiriman. Awalnya pihak Tokopedia meminta semua bukti-bukti kemasan dan barang sebelum dan setelah diterima. Bahkan juga video yang saya rasa sudah cukup jelas. Tetapi sampai memakan waktu 1 bulan pihak tokopedia selalu berkelit masalah masih berkoordinasi dengan pihak ekspedisi, yang mana pada saat dikonfirmasi oleh pihak penjual dan pembeli, dari sisi ekspedisi kasus ini sudah diserahkan BAP kepada tokopedia, dan mereka sudah case closed. Tapi kembali tokopedia selalu hanya copy paste jawaban masih berkoordinasi dengan ekspedisi. Bahkan di cek pihak asuransi pun, tokopedia tidak pernah membuka laporan untuk kasus ini. Jadi bisa disimpulkan bagaimana cara kerja tokopedia, dan hingga saat ini dana yang dibayarkan pembeli untuk pembelian barang masih tertahan di tokopedia. Dan untuk sisi pembeli seharusnya kerusakan barang dijamin oleh asuransi tokopedia, tetapi tokopedia selalu melemparkan tanggung jawab kepada pihak ekspedisi.

    Balas
  39. min ada kasusnya gak konsumen itu dirugikan dalam transaksi online melalui tokopedia? Contohnya kayak barang yg diterima konsumen itu tidak sesuai misalnya cacad?

    Balas
  40. Thanks ya buat ulasannya bisa buat tambah wawasanku. Aku jga salah satu penjual d tokopedia. Tulisan kmu jadi kritikan yg membangun buat aku soal rating. Karna aktifitas sehari-hari terkadang aku gk rutin online 😆👍

    Balas
  41. saya order jaket di salah satu toko yg ada di tokopedia. tapi toko itu sudah tidak online selama 24 bulan. nah sedangkan saya udah melakukan transaksi ke toko tersebut. tetapi setatusnya masih MENUNGGU KONFIRMASI. kira2 penipu bukan ya?

    Balas
  42. Gan. Tp kira2 ya… bisa ga klo penjual tokopedia itu bikin testimoni buatan, sama status transaksi berhasil nya itu di app Toped?
    Gw ni mau beli barang ke lapak yg followersnya dikit, tp gw liat tu ada beberapa pembeli yg berhasil transaksi di tu lapak gan. Klo di kolom komentar barangnya itu komentarnya positif semua dan ada beberapa yg disertakan foto klo barang tersebut memang bener2 sampai ke tangan pembeli. Nahh pertanyaannya, bisa ga sih klo mereka tu penjual bikin komentar testimoni buatan? Makasih

    Balas

Tinggalkan komentar