Pengalaman Belanja di Shopee, Amankah?

Oke, kali ini aku bakal bahas tentang Shopee. Sebenernya, aku juga pernah belanja di marketplace lain selain Shopee sih, kaya Bukalapak gitu, tapi yang bakal aku bahas kali ini adalah belanja di shopee.

Jadi, aku buat akun Shopee waktu itu tahun 2016 akhir atau 2017 awal, aku juga lupa. Iseng aja sih awalnya, gak ada niatan buat beli sesuatu. Aku awalnya cuma liat-liat produk di Shopee sih, eh taunya lama-lama kepincut beli juga hehe. Aku lupa sebenernya barang apa yang pertama kali aku beli waktu itu, tapi yang bakal ku ceritain kali ini yaitu produk sepatu dan album.

Ceritanya waktu itu aku kepincut satu sepatu yang niatnya mau buat nonton konser Wings Tour BTS (kalo gatau, google aja hehe). Konser itu diadain di berbagai negara sih, nah di Indonesia sendiri kebagian tanggal 29 April 2017. Yauda tuh ya, sebelum tanggal segitu aku nyari sepatu yang ada tingginya dikit biar pas nonton konser tuh keliatan (duh maap jadi curhat hehe :’v).

Nah kalo ada pertanyaan, kenapa aku pas itu belanja di Shopee? Alesannya sih cuma karna harga dibawah 100k + ada gratis ongkir heheee. Siapa sih yang gak suka sama program gratis ongkir. Yauda kembali ke topik. Terus pas itu aku bilang ke mamaku kalo aku mau beli sepatu, eh mamaku malah ikut kepincut beli juga, tapi mamaku beli sandal di toko yang sama.

Admin note : Artikel ini keliatan banget promo shopee nya, tapi aku harap pembaca ga buru-buru menutup laman ini, obetu sebagai website sejauh ini ga kerjasama sama pihak manapun. aku sendiri sebagai admin, biasanya klo belanja itu di tokopedia, lazada dan traveloka dan belum pernah nyobain shopee (saat artikel ini dibuat). Traveloka untuk tiket pesawat, lazada dan tokopedia untuk belanja barang pada umumnya. Point pentingnya disini, semua marketplace online yang terkenal dan udah ngiklan di tv, itu aman. Dan hampir semuanya juga aku liat punya kendala/problem yang serupa, seperti cs yang kurang cepat tanggap atau proses refund yang memakan waktu, atau gagal transaksi, dan ini wajar terjadi untuk marketplace yang menghandle ribuan transaksi perharinya. Dan tentu saja ga semua pembeli ketemu pengalaman yang sama, kalo kamu lagi “normal” dan ga “sial”, biasanya transaksi bakal berjalan lancar.

Amankah Belanja di Shopee?

Belanja di Shopee aman kok. Aku udah buktiin sendiri. Jadi ada sedikit cerita tentang sepatu buat nonton konser Wings Tour BTS itu. Jadi sepatunya waktu itu udah dikirim sama penjualnya. Pas udah sampe, eh ternyata si penjualnya salah kirim coba. Inget, yang kaya gini nih salah dari penjualnya, bukan dari pihak Shopee-nya.

BACA JUGA:  Cara Beli Tiket Kereta di Situs tiket.com

Gara-gara barang yang dikirim salah, ya aku protes dong. Aku langsung email ke Shopee, kasih tau kalo barang yang aku dapet itu salah, alias keliru. Dan email-ku langsung dibales sama pihak shopee-nya.

Screenshot di atas adalah balesan email dari pihak Shopee. Yang aku seneng disini adalah fastrespon dari pihak Shopee yang jadi mediasi antara pembeli dan penjual. Jadi laporanku udah diterima, trus aku harus kasih bukti foto produk, screenshot percakapan antara aku dan penjual dan foto bukti kemasan yang dikirim penjual.

 

Yauda, aku kirim semua buktinya. Itu sepatuku yang warna merah putih emang gak sesuai sama yang di foto penjual, trus kalo yang satunya, mamaku belinya sandal, bukan sepatu selop. Jadi udah pasti salah.

Screenshot di atas adalah balesan dari pihak Shopee selanjutnya.

Gak lama kemudian, pihak Shopee ngasih alamat penjual untuk pengembalian barangnya. Aku langsung kirim balik barangnya. Dan pihak Shopee beneran mengembalikan dana pas barang udah sampe di tangan penjual. Jadi, aman banget kan belanja di Shopee? Kepuasan pelanggan beneran dijaga sama Shopee.

Ada Pengalaman Lain Belanja di Shopee?

Ada, udah pasti ada. Jadi aku waktu itu beli album korea gitu. Aku belanja, dan bayar seperti biasa. Abis itu aku tunggu barangnya sampe. Pas sampe, barang sesuai dengan foto dan packing dari penjualnya juga aman banget. Di bawah ada bukti kalo aku beneran beli.

Jadi, aman banget kan belanja di Shopee. Bagaimana pengalaman kamu belanja di shopee ? ada kendala atau aman-aman aja. Share pengalaman kamu di kolom komentar dibawah ini.

8 pemikiran pada “Pengalaman Belanja di Shopee, Amankah?”

    • aku sendiri ga pernah return barang sih, ..jdi krang tau,.

      tapi setauku biasanya pas return barang, ongkir kita yang tanggung, nanti klo mereka kirimin barang pengganti, mereka yang tanggung ongkir untuk pengiriman balik kekita, setauku gitu sih…

      cmiiw…

  1. Kalau mau retur krn penjual salah kirim, pakai J&T, dia ada sistem: penerima yg bayar.
    Pastiin komunikasi dulu dg penjual agar dia mau terima. Aku pernah retur & pihak shopee saranin pakai jnt, alhamdulillah lancar.

    Balas
  2. buatku…, belanja di shopee buat buntung, gmn coba beli barang 2 items yaitu camera cctv + sendal (Rp. 560.000), trus dicancel ma seller, waktu saya tanya ke shopee ktnya udah dikembalikan ke shopeepay, tp nyatanya ga ada krn shopeepay selalu Rp 0. sy berusaha menghubungi shopee dan mreka silih berganti menjawab pertanyaan saya, sialnya selalu buat kesalnya pertanyaan selalu berulang. hampir 1 bulan penanganannya dan niatnya ga ada untuk balikin duitnya.
    Saya sarankan buat teman2 yang hendak menggunakan/belanja di platform online yang ketika barang di-cancel maka otomatis masuk saldo kita. tidak hrs tanya sana sini.
    Karena saya takut kejadian berulang maka saya putuskan untuk tidak menggunakan shopee lg.

    Balas
  3. Sangat tidak aman blanja di shopee akun saya di hack dan respon nya sangat tidak tanggap…lebih baik pakai yg lain

    Balas
  4. Belanja di shopee,karyawannya tidak jujur,saya pernah belanja di shopee,karena sesuatu barang tidak jadi dikirim oleh seller alias di cancel,kemudian pihak shopee minta no rekening karena jumlah refundnya yang lumayan cukup besar yaitu dua setengah juta,nggak bisa masuk shopee pay,akhirnya harus buka rekening ,tapi ditunggu,tunggu dan tonya tanya shopee,pada akhirnya dana nggak dikembalikan,dengan berbagai alasan,akhirnya aplikasi shopee saya dell,coba ke aplikasi online yang lain

    Balas
    • 2.5 juta dan mba delete aplikasi shopee begitu aja?
      aku sendiri tidak pernah seingatku bermasalah dishopee, tapi pernah ditokopedia..cukup hubungi cs dan dana masuk ke saldo toped..terakhir refund 900ribuan karena penjual naikin harga barang dan aku ga mau nambah bayar, akhirnya direfund..

      untuk shopee sendiri aku tidak tau prosesnya bagaimana..karena alhamdulillah sampe saat ini udh puluhan kali transaksi tidak ada masalah.. yang terpenting menurutku adalah pinter2 jelasin masalahnya, dan coba cari solusinya.. jika ada indikasi karyawan shopee main2, bisa hubungin support via sosmed mereka..

      biasanya kalau kita hubungin via sosmed, itu mereka akan cepat tanggap karena mereka tidak mau reputasinya buruk..selain itu tim yang handle akan berbeda..cmiiw..

Tinggalkan komentar